About

17 Juni 2010

Kiat-Kiat Sukses Masuk STAN

Usahakanlah agar kamu mempunyai teman atau kenalan yang merupakan mahasiswa STAN atau alumnus/alumna STAN. Mungkin kakak kelas di SMA dulu, mungkin tetangga di kampung. Merasa nggak punya kakak kelas/tetangga yang mahasiswa STAN?? Nggak masalah kalau dia hanya sekedar teman facebook atau teman smsan. Bukan untuk KKN -di STAN nggak ada kayak ginian bro- terlebih untuk memberi gambaran tentang STAN, tentang USM STAN biar lebih jelas dan mantab.

1. Hal Mendaftar

Persiapkanlah dengan baik segala sesuatu yang diperlukan untuk mendaftar seperti legalisir ijasah, bukti setoran, foto, dan sebagainya. Usahakanlah agar kamu mendaftar jauh-jauh hari. Biasanya di hari-hari terakhir pendaftar USM STAN mencapai puncaknya. It means antrean yang panjang dan melelahkan.

2. Hal Bersiap USM STAN

Usahakanlah agar kamu mempunyai kumpulan soal USM tahun2 lalu beserta pembahasannya. Ada banyak pilihan dan cara. Kamu bisa membeli buku yang banyak dijual tidak hanya di sekitar kampus STAN, tetapi juga di tempat pendaftaran, dan bahkan di toko-toko buku seperti Gramedia; bisa juga dengan cara mendownload dari internet (Just Google It); atau bisa juga dengan fotokopi dari teman2 lain yang sudah punya.
Berlatihlah mengerjakan USM dengan kumpulan soal yang telah kamu punya. Kalau bisa begini caranya: Kerjakan dulu semaksimal mungkin, Koreksi sendiri hasilnya dengan menggunakan pembahasan yang ada, evaluasi di bagian2 yang masih salah, jangan lupa untuk selalu memperhatikan alokasi waktu.
Ikutlah Try Out2 USM STAN sehingga kamu mempunyai gambaran yang lebih jelas tentang suasana USM STAN selain bagus untuk mengukur kemampuanmu. (Kalau tidak punya biaya, poin "Berlatihlah dst.. " sudah cukup asalkan dilaksanakan dengan sungguh2) Kalau punya duit cukup berlimpah, ikutlah Bimbel2 USM STAN, bimbel2 tersebut biasanya sudah menyediakan paket lengkap mulai dari modul kumpulan soal, les materi USM, sampai Try Out; kalau punya...
[kalau nggak, juga nggak apa-apa, jangan khawatir, ada juga yang nggak ikut bimbel, ikut try out juga karena kebetulan (kupikir try out UAN), dapat buku kumpulan USM juga karena hadiah dari ikut try out]
nb:Tidak semua bimbel merupakan bimbel yang bagus, jika mau ikut bimbel, poin #Penting akan sangat membantu dalam pemilihan bimbel ini.

3. Hal mengikuti USM

Sebelum hari pelaksanaan USM, kalau bisa usahakanlah untuk meninjau di mana lokasi USM akan dilaksanakan, di mana ruang tesmu, sehingga di hari pelaksanaan, tidak banyak waktu terbuang untuk mencari2 ruang tesmu selain itu untuk mengukur waktu tempuh dari tempat tinggalmu (menghindari keterlambatan).
Kerjakan USM dengan tenang, kerjakan yang mudah-mudah dulu, hindarilah nilai mati, usahakanlah untuk minimal benar sepertiga dari tiap kelompok soal. Ini baru minimal batas aman, kalau mau lulus diterima masuk STAN kamu harus lebih banyak mengerjakan soal dengan benar. Semakin mantab persiapanmu di poin 2, maka yakinlah akan semakin banyak soal yang mampu kerjakan dengan benar.

4. Hal berdoa

Sertailah segala kegiatanmu dengan doa. Berdoalah seolah-olah segala sesuatu tergantung hanya pada usahamu. Berusaha dan bekerjalah seolah-olah segala sesuatu tergantung pada Tuhan.

5. Hal pengumuman

Jangan sombong jika kamu diterima masuk STAN. Boleh bersenang hati tapi jangan sombong. Ingatlah dan hiburlah temanmu yang tidak diterima. Misalnya, "Jangan kawatir, tahun depan kamu masih bisa ikut lagi kok, kubantuin deh" agak klise tapi percayalah ini sangat berharga bagi mereka.

6. Hal Parasut Cadangan

Walaupun judul notes ini Kiat-Kiat Sukses [Masuk STAN], mengingat pendaftar USM STAN sekitar 100.000 an lebih dan yang diterima sekitar 1.000 an lebih sedikit. Kemungkinan tidak diterima jauh lebih besar daripada kemungkinan diterima. Dan berhubung kita merupakan orang timur yang percaya adanya Tuhan, percaya Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Berdoalah agar kamu diberi ketabahan ketika kamu tidak diterima masuk STAN. Berdoalah agar kamu diberi ketenangan sehingga ketika sebuah pintu ditutup kamu dapat menemukan pintu-pintu lain sedang dibukakan bagimu.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More